Text
Analisis Kinerja Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes (TA)
Pelayanan KTP-el dalam proses seringkali ditemukan penyimpangan yang tidak sesuai dengan upaya penerapan prinsip good governance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip – prinsip good governance dalam pembuatan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi literatur, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan prinsip – prinsip good governance dalam pelayanan pembuatan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal untuk prinsip profesional, transparansi, pengawasan, daya tanggap, demokrasi dan partisipasi, efisiensi dan efektivitas, wawasan ke depan, dan penegakan hukum sudah sesuai dengan prinsip good governance, sedangkan prinsip akuntabilitas dan kesetaraan belum sesuai dengan prinsip good governance.
Kata kunci : Good Governance, KTP-el, Pelayanan
Tidak tersedia versi lain