Text
Analisis Peranan Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Tegal (TA)
Audit operasional merupakan kegiatan pemeriksaan aktivitas operasional perusahaan dan penting bagi keberlangsungan perusahaan dalam meningkatkan keefektifan penjualan dengan jangka waktu lama. Audit operasional dilakukan untuk mencari dan menemukan kelemahan maupun kelebihan dalam aktivitas operasional perusahaan dan kemudian ditindaklanjuti dengan berbagai tindakan inovatif dan kreatif. Pada penelitian ini, audit operasional dilakukan melalui tahapan audit pendahuluan, audit mendalam, tahap pelaporan dan tindak lanjut hasil audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas penjualan di PT. Astra International, Tbk Daihatsu Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan laporan penjualan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap audit pendahuluan, auditor melakukan pengumpulan data awal untuk perencanaan dan pekerjaan audit secara teratur. Pada tahap audit mendalam, auditor mengumpulkan data mendalam pada aktivitas operasional dan hasilnya memang masih ada beberapa permasalahan seperti kesan acuh karyawan terhadap pelanggan, lambatnya pelayanan, kurangnya koordinasi dan komunikasi pimpinan dengan bawahan, dan lainnya. Pada tahap pelaporan, auditor melaporkan hasil temuan di lapangan berupa laporan tertulis maupun lisan terhadap pimpinan. Pada tahap tindak lanjut, auditor memberikan rekomendasi tindak lanjut ke perusahaan untuk mendukung keberlangsungan perusahaan. Hasil akhir menunjukkan bahwa audit operasional berperan dalam menunjang efektivitas penjualan yang ditunjukkan dengan hasil penjualan yang telah melebihi target berdasarkan laporan penjualan di PT. Astra International, Tbk Daihatsu Tegal dan juga didukung oleh hasil pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan persentase sebesar 70% dan penjualan dengan persentase sebesar 81,25%. Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan dalam rangka perbaikan harus ditindaklanjuti oleh pihak perusahaan untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.
Kata kunci : Audit Operasional, Efektivitas, Penjualan
Tidak tersedia versi lain