Text
Persepsi UMKM di Kota Tegal Terhadap Kesiapan Menuju Digitalisasi UMKM di Era New Normal (laporan penelitian)
Ida Farida, Aryanto, Reza Cesar Tiarso. 2020. Persepsi Umkm Di Kota Tegal Terhadap Kesiapan Menuju Digitalisasi Umkm Di Era New Normal Pandemi Covid-19 ini menyebabkan krisis disegala bidang, pandemi ini berdampak luas pada dunia usaha di semua tingkatan, UMKM adalah yang terdampak paling berat. Data Kementerian Koperasi dan UMKM sejumlah 163.713 UMKM terdampak pandemi Covid- 19. Kementerian Koperasi dan UKM telah menetapkan target digitalisasi sebanyak 10 juta UMKM di tahun 2020. Adanya peluang tentang digitalisasi ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMKM. Dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, hanya 13% saja yang sudah terhubung ke ekosistem digital (Kominfo.co.id, 2020). Pelaku UMKM di Kota Tegal binaan sebanyak 930 unit dari total 1940 UMKM yang terdata oleh Dinas Koperasi. Dari sejumlah UMKM tersebut ada yang mampu bertahan dan ada yang pada akhirnya harus menutup usahanya. Hal ini dikarenakan beberapa pelaku UMKM belum melakukan digitalisasi bisnis. Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kompetensi SDM merupakan faktor-faktor yang turut mempengaruhi pelaku UMKM terhadap kesiapan dalam menerapkan digitalisasi usahanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kompetensi SDM terhadap kesiapan UMKM menuju digitalisasi bisnis di era new normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap kesiapan UMKM menuju digitalisasi, sedangkan variabel persepsi kemudahan penggunaan
dan kompetensi SDM berpengaruh terhadap kesiapan UMKM menuju digitalisasi.
Kata Kunci: Persepsi UMKM, Digitalisasi, Era New Normal
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Peran Ekonomi Digital Melalui Teknologi E-Commerce dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Tegal (laporan penelitian) | id |