Text
Pemanfaatan Big Data Untuk Klarifikasi Engagement Tenaga Pendidik Terhadap Keikutsertaan Webinar di Masa Pandemi (laporan penelitian )
Masa Pandemi di awal tahun 2020 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pendidikan di Indonesia dan juga di dunia. Di saat pandemi ini pertemuan tatap muka beralih menjadi pertemuan
secara virtual atau online baik untuk proses pembelajaran dan seminar atau workshop Perkembangan teknologi yang cukup pesat mendukung perubahan dunia pendidikan ini, hal ini terlihat dari banyaknya webinar yang dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Berkembangnya webinar ini memungkinkan peredaran informasi yang semakin banyak, cepat dan hampir tak terbatas oleh ruang dan waktu. Hal ini menyebabkan informasi yang sangat banyak bertebaran di dunia virtual dalam berbagai bidang. Dengan teknologi informasi yang sangat cepat ini maka trilyunan byte data tercipta setiap hari dari berbagai sumber seperti di media sosial khususnya yang berhubungan dengan aplikasi yang sering digunakan pada media seminar berbasis website. Lautan data ini mengarah pada Big data mengarak kepada suatu terminologi big data. Dalam penelitian ini big data akan diimplementasikan untuk melakukan klasifikasi pemahaman tenaga pendidik terhadap keikutsertaan webir ar di masa pandemi ini. Tahap aktifitas pada pengelolaan big data serta pendukung pemrosesan data yakni acquired, accesed, analytic dan aplication. Metode klasifikasi yang digunakan adalah metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference Sistem (ANFIS). Hasil training error yang diperoleh dari ANFIS adalah 0.273482 dengan struktur ANFIS 4-12-12-12-1 atau 4 input, 12 hidden layer dan 1 output.
Kata Kunci: Big data , Klasifikasi engagement, Logika Fuzzy, ANFIS
Tidak tersedia versi lain