Text
Pengaruh Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di MI Bina Amanah Sidakaton Kabupaten Tegal
Pengaruh makanan terhadap perkembangan otak, apabila makanan tidak cukup mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan, dan keadaan ini berlangsung lama, akan menyebabkan perubahan metabolisme dalam otak, berakibat terjadi ketidakmampuan berfungsi normal. Pada keadaan yang lebih berat dan kronis, kekurangan gizi menyebabkan pertumbuhan badan terganggu, badan lebih kecil diikuti dengan ukuran otak yang juga kecil. Jumlah sel dalam otak berkurang dan terjadi ketidakmatangan dan ketidaksempurnaan organisasi biokimia dalam otak. Keadaan ini berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh Status Gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasar.
Penelitian ini adalah penelitian Observasional dengan rencana Cross Sectional Study. Penelitian ini dilakukan selama bulan September sampai Desember 2020 di MI Bina Amanah Sidakaton Kabupaten Tegal. Seluruh siswa sekolah MI Bina Amanah Teknik pengambilan sampel akan dilakukan dengan simple random sampling yaitu suatu tipe sampling dimana peneliti dalam memilih sampel dengan memberikan kesempatan yang sama kepada semua anggota populasi, dalam penelitian ini semua siswa di MI Bina Amanah mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel Dalam penelitian ini target yang diharapkan adalah ditemukannya Pengaruh status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasar, sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan cara memperbaiki pola makan. Menambah wawasan tentang pengaruh status gizi dengan hasil belajar.
Keyword: Status Gizi, Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain