Digital
Analisis Penerapan Target Costing Dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba (TA)
Target costing merupakan suatu sistem dimana penentuan harga pokok produk adalah sesuai dengan yang diinginkan atau ditargetkan sebagai dasar penetapan harga jual produk yang akan memperoleh laba yang diinginkan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan metode target costing sebagai upaya peningkatan laba usaha pada Telur Asin Panggang Pak Rosid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode target costing dapat diimplementasikan pada Telur Asin Panggang Pak Rosid untuk meningkatkan laba usahanya. Melalui proses tersebut pemilik usaha akan menghemat biaya produksi sebesar Rp 186.953.000,- dari Rp1.052.720.000,- menjadi Rp865.767.000,- dari penjualan 370.475 butir telur asin. Dengan penghematan biaya tersebut pemilik usaha mampu mencapai laba usaha yang diinginkan yaitu 25% menjadi 38% dari penjualan telur asin.
Tidak tersedia versi lain