Digital
Implementasi Strategi Promosi Penjualan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Umkm Tahu Murni Desa Adiwerna (TA)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan naik turun produk penjualan dan mendeskripsikan penerapan strategi promosi yang dilakukan UMKM Tahu Murni Adiwerna untuk meningkatkan volume penjualan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun penelitian ini dilaksanakan di UMKM Tahu Murni Desa Adiwerna, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa UMKM Tahu Murni Adiwerna mengalami kecenderungan penurunan volume penjulan akibat pandemi Covid-19. Maka dari itu agar dapat meningkatkan volume penjualan, UMKM Tahu Murni Adiwerna menerapkan strategi promosi yang tepat. Kegiatan promosi oleh UMKM Tahu Murni Adiwerna dilakukan melalui 1) Periklanan yang dilakukan oleh UMKM Tahu Murni Adiwerna yaitu secara online dan offline. Periklanan secara offline yaitu dengan menyediakan brosur dan meyebarkan stiker pada setiap produk yang telah dibeli oleh konsumen. Sedangkan periklanan secara online yaitu melalui market place dan media sosial, 2) Promosi penjualan yang dilakukan yaitu harga yang lebih murah dalam pembelian yang banyak, serta menawarkan berbagai varian harga paket. 3) Publisitas yang terjadi di UMKM Tahu Murni Adiwerna yaitu dengan cara memberikan sponsor dalam acara social 4) Personal selling yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan pelayanan baik kepada konsumen yang datang langsung ke toko.
Tidak tersedia versi lain