Text
Modul Praktikum Nursing Management
Orientasi pasien baru adalah proses penerimaan pasien baru dan keluarganya untuk membina hubungan saling percaya dan informasi awal berkaitan dengan proses perawatannya. Orientasi dilakukan saat pertama kali klien datang (24 jam pertama) dan kondisi klien sudah tenang. Orientasi dilakukan oleh PP dan bisa digantikan oleh PA bila PP tidak berada ditempat.Selanjutnya orientasi harus dilengkapi kembali oleh PP dan dapat diulang kembali minimal setiap 2 hari oleh PP atau yang mewakili (Marquis & Huston, 2010). Ronde keperawatan (Nursing Rounds) adalah suatu bagian kegiatan asuhan keperawatan dengan membahas kasus tertentu dengan harapan adanya transfer pengetahuan dan aplikasi pengetahuan secara teoritis ke dalam praktek keperawatan secara langsung yang dilakukan oleh perawat konselor atau perawat primer, kepala ruangan, kepala bidang keperawatan dan perawat associate dengan melibatkan seluruh tim keperawatan (Nursalam, 2015).
Discharge planning adalah mekanisme untuk memberikan perawatan kontinu, informasi tentang kebutuhan kesehatan berkelanjutan setelah pulang, perjanjian evaluasi, dan instruksi perawatan diri (Swanburg, 2000). Jackson (1994), dalam The Royal Marsden Hospital, 2004) menyatakan bahwa discharge planning merupakan proses mengidentifikasi kebutuhan pasien dan perencanaannya dituliskan untuk memfasilitasi keberlanjutan suatu pelayanan kesehatan dari suatu lingkungan ke lingkungan lain. Discharge planning sebaiknya dilakukan sejak pasien diterima di suatu agen pelayanan kesehatan, terkhusus di rumah sakit dimana rentang waktu pasien untuk menginap semakin pendek. Discharge planning yang efektif seharusnya mencakup pengkajian berkelanjutan untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang kebutuhan pasien yang berubah-ubah, pernyataan diagnosa keperawatan, perencanaan untuk memastikan kebutuhan pasien sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pemberi layanan kesehatan (Kozier, 2010).
Tidak tersedia versi lain