Text
Psikologi pendidikan
Psikologi dan Pendidikan memiliki benang merah utama, yaitu “manusia”. Psikologi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari kompleksitas manusia, sementara pendidikan adalah produk yang dikembangkan manusia untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang berkaitan dengan sumber daya manusia itu sendiri. Buku Psikologi Pendidikan ini disusun untuk memenuhi referensi bagi para guru, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, dalam buku ini dikaji tentang hakikat psikologi pendidikan, pertumbuhan dan perkembangan individu, serta mengenai teori-teori belajar, kesulitan belajar, anak berkebutuhan khusus, pengelolaan kelas, dan bimbingan konseling. Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN A. Pengertian Psikologi Pendidikan B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan C. Tujuan dan Manfaat Psikologi Pendidikan D. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan E. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Pengembangan Kurikulum F. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Proses Belajar Mengajar G. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Penilaian dan Pengukuran (Evaluasi) dalam Pendidikan H. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pemecahan Masalah Kontemporer I. Rangkuman J. Tugas K. Daftar Pustaka BAB 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK A. Pertumbuhan dan Perkembangan B. Rangkuman C. Pertanyaan dan Latihan D. Daftar Pustaka BAB 3 KAREKTERISTIK PERKEMBANGAN A. Perkembangan Kognitif dan Bahasa B. Perkembangan Sosio-Emosional dan Moral C. Rangkuman D. Soal dan Latihan E. Daftar
Tidak tersedia versi lain