Text
Psikologi Pendidikan (educational Psychology) Edisi 5 Buku 2
Bidang Psikologi yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai proses perilaku dan jiwa seseorang memiliki pengaruh terhadap berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan. Psikologi pendidikan yang khusus mempelajari seluk-beluk kegiatan pembelajaran dan individu memiliki lahan pembahasan yang sangat luas. Para pencetus ide mengenai bidang ini melakukan penelitian dan memiliki beragam pendapat mengenai pendekatan dan penekanan dalam pembelajaran agar sesuai dengan berbagai sifat individu, sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif dan manusia yang kompeten.
Buku Psikologi Pendidikan Edisi ke-5 menjelaskan topik psikologi, khususnya pada anak sebagai objek pendidikan. Pembahasan mengacu pada proses yang terjadi dalam perkembangan mereka, di mana dibutuhkan peran pendidik agar setiap tahap perkembangan dapat dimaksimalkan. Penekanan dilakukan pada pendekatan pembelajaran terhadap setiap individu sesuai latar belakang yang dimiliki. Dalam setiap bab, terdapat tujuan pembelajaran yang menjadi acuan pencapaian pembaca dalam mempelajari topik. Selain itu, terdapat catatan pinggir sebagai sorotan pada kalimat yang menjadi perhatian. Terdapat juga daftar istilah penting dan contoh soal untuk melatih pemahaman pembaca akan topik/materi yang dibahas.
Materi yang dibahas dalam Buku 2 ini mencakup:
Bab 9 Proses Kognitif Kompleks
Bab 10 Pendekatan Konstruktivis Sosial
Bab 11 Pembelajaran dan Kemampuan Kognitif di Wilayah Konten
Bab 12 Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi
Bab 13 Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran
Bab 14 Mengelola Kelas
Bab 15 Tes dan Pengajaran Terstandardisasi
Bab 16 Penilaian dan Peringkat Kelas
Tidak tersedia versi lain