Library of Harkat Negeri

Jl. Mataram No. 9 Pesurungan Lor Tegal

  • Beranda
  • Berita
  • Informasi
    • Jam Layanan
    • Pustakawan
    • Prosedur
      • Tata Tertib Perpustakaan
      • Syarat Bebas administrasi Perpustakaan
      • Alur Peminjaman Bahan Pustaka
      • Alur Pengembalian Bahan Pustaka
      • Alur Perpanjangan Bahan Pustaka
      • Alur Penelusuran Temu Kembali Koleksi
      • Format Laporan Tugas Akhir
      • Ketentuan Layanan Uji Turnitin
    • Panduan Hibah Buku
    • Media Sosial
      • Whatsapp
      • Instagram
      • Youtube
  • Layanan
    • Turnitin
      • Prosedur Cek Plagiasi
      • Cek Plagiasi
      • Surat Keterangan Uji Plagiasi
    • Unggah Mandiri Tugas Akhir
      • Registrasi Akun Repository
      • Alur Unggah Mandiri Tugas Akhir
      • Unggah Skripsi/TA Keseluruhan
    • Aspirasi
      • Kepuasan Layanan Perpustakaan
      • Usulan Buku
      • Survey Bahan Pustaka
  • E-Resource
    • Rama
    • Repository
    • E-Book
      • Kubuku
      • Digido
      • Pustaka Digital
    • IOS (One Search)
    • Perpusnas
  • E-Journal
    • E-Resources
    • Sinta
    • Google Schoolar
    • E-Jurnal Poltek Harber
    • Gale
      • Panduan Akses Database e-Journal Gale
      • Business
      • Nursing and Allied Health
      • Science
      • Social
  • Visitor
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)
Penanda Bagikan

Text

PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Helmawati. - Nama Orang;

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan yang cepat dan tepat, merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi, sangat diperlukan
untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan menyelesaikan masalah yang begitu kompleks. Implementasi pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS ini diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan yang siap bersaing dalam era revolusi industri 4.0.


Melalui buku ini pembaca dibawa untuk memahami dan menguasai tentang: Pendidikan di Indonesia; Otak, Pengetahuan, Berpikir, Kognisi dan Kognitif, Penalaran dan Logika pada Pembelajaran; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Pembelajaran Berbasis HOTS; Komunikasi Ramah Otak dalam Proses Pembelajaran; Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS; Menyusun Soal-Soal HOTS Berbasis ICT; Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri.

—

Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN

BAB II PENDIDIKAN DI INDONESIA
A. Pendidikan di Indonesia
B. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional
C. Guru sebagai Komponen Utama dalam Proses Pendidikan
D. Standar Nasional Pendidikan di Indonesia

BAB III OTAK, PENGETAHUAN, BERPIKIR, KOGNISI DAN KOGNITIF, PENALARAN DAN LOGIKA PADA PEMBELAJARAN
A. Pembelajaran
B. Otak
C. Pengetahuan
D. Berpikir
E. Kognisi dan Kognitif
F. Penalaran dan Logika

BAB IV HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)
A. Memahami HOTS
B. Kriteria HOTS Perspektif Bloom dan Anderson
C. Tahapan HOTS Anderson (Bloom)

BAB V PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
A. Memahami Pembelajaran Berbasis HOTS
B. RPP Berbasis HOTS
C. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS

BAB VI KOMUNIKASI RAMAH OTAK DALAM PROSES
PEMBELAJARAN
A. Otak Belajar
B. Motivasi dan Emosi Memperkuat Memori
C. Pilihan Kata (Diksi)
D. Peta Konsep
E. Akromin
F. Akrostik
G. Rima (Sajak) dan Lagu
H. Angka dan Bentuk
I. Metode Loci (Loci Method)
J. Chunking (Penggolongan)
K. Asosiasi (Hubungan)

BAB VII PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
A. Standar Penilaian Pendidikan
B. Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS
C. Kriteria Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS

BAB VIII MENYUSUN SOAL-SOAL HOTS BERBASIS ICT
A. Contoh Soal-Soal
B. Contoh Soal-Soal Berbasis HOTS
C. Menggunakan ICT sebagai Media Penilaian

BAB IX TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI
A. Ciptakan Sikap Mental Positif
B. Tumbuhkan Kecakapan Hidup (Life Skills)
C. Kecepatan Belajar
D. Cari Pengalaman Baru

BAB X PENUTUP


Tags: Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS, High Order Thinking Skills, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Berpikir Analitis, Keterampilan Berpikir Evaluatif, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Metode Pembelajaran Berbasis HOTS, Pembelajaran Berbasis HOTS, Pembelajaran Inovatif Berbasis HOTS, Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Penilaian Berbasis HOTS


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Harkat Negeri 370.15 HEL p
012223
Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 HEL p
Penerbit
Bandung : Remaja Rosdakarya., 2019
Deskripsi Fisik
316 Halaman Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-446-330-4
Klasifikasi
370.15
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Penilaian
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

© 2025 — Senayan Developer Community & TIK Politeknik Harapan Bersama

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?