Library of Harkat Negeri

Jl. Mataram No. 9 Pesurungan Lor Tegal

  • Beranda
  • Berita
  • Informasi
    • Jam Layanan
    • Pustakawan
    • Prosedur
      • Tata Tertib Perpustakaan
      • Syarat Bebas administrasi Perpustakaan
      • Alur Peminjaman Bahan Pustaka
      • Alur Pengembalian Bahan Pustaka
      • Alur Perpanjangan Bahan Pustaka
      • Alur Penelusuran Temu Kembali Koleksi
      • Format Laporan Tugas Akhir
      • Ketentuan Layanan Uji Turnitin
    • Panduan Hibah Buku
    • Media Sosial
      • Whatsapp
      • Instagram
      • Youtube
  • Layanan
    • Turnitin
      • Prosedur Cek Plagiasi
      • Cek Plagiasi
      • Surat Keterangan Uji Plagiasi
    • Unggah Mandiri Tugas Akhir
      • Registrasi Akun Repository
      • Alur Unggah Mandiri Tugas Akhir
      • Unggah Skripsi/TA Keseluruhan
    • Aspirasi
      • Kepuasan Layanan Perpustakaan
      • Usulan Buku
      • Survey Bahan Pustaka
  • E-Resource
    • Rama
    • Repository
    • E-Book
      • Kubuku
      • Digido
      • Pustaka Digital
    • IOS (One Search)
    • Perpusnas
  • E-Journal
    • E-Resources
    • Sinta
    • Google Schoolar
    • E-Jurnal Poltek Harber
    • Gale
      • Panduan Akses Database e-Journal Gale
      • Business
      • Nursing and Allied Health
      • Science
      • Social
  • Visitor
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ERA INDUSTRI  4.0
Penanda Bagikan

Text

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ERA INDUSTRI 4.0

Esti Untari - Nama Orang;

Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan teknologi informasi digital yang menjadi tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin yang menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas. Teknologi informasi pun kini menjadi saluran utama yang mendominasi kehidupan manusia dalam membangun eksistensinya dalam segala ruang, termasuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia.


Hal ini terjadi karena pembelajaran bahasa Indonesia muaranya adalah internalisasi kemampuan dan keterampilan komunikasi informasi, dan era industri 4.0 telah membuat teknologi informasi berperan penting dalam arus proses komunikasi dan informasi.

Pembelajaran bahasa Indonesia sekarang jadi tidak bisa dilepaskan dari teknologi informasi sebagai ciri khas era revolusi Industri 4.0. Dari sinilah, buku ini membahas prinsip-prinsip mendasar dalam mengelaborasi pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis pada prinsip-prinsip utama di era Revolusi Industri 4.0 yang meliputi:
(1) interoperabilitas (kesesuaian) yang terkait dengan penggunaan media internet untuk membangun hubungan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia;
(2) transparansi informasi yang terkait pemanfaatan kemampuan sistem informasi untuk secara virtual memperkaya model pembelajaran bahasa Indonesia;
(3) bantuan teknis yang terkait penggunaan sistem informasi untuk membantu dalam mengumpulkan data pada pembelajaran bahasa Indonesia; dan
(4) keputusan mandiri penggunaan teknolgi informasi membuat melakukan tugas mandiri dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

———-

Daftar Isi

BAGIAN SATU
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Era Industri 4.0

BAB 1 Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif pada Era Revolusi Industri 4.0
A. Peserta Didik Abad Ke-21 dan Pola Pikir Guru
B. Tantangan Guru pada Era Digital
C. Tantangan Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar
D. Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berwawasan Pendidikan Multikultural
E. Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Kecerdasan Ekologis
xii Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0

BAB 2 Mereduksi Benturan Kecerdasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0
A. Karakteristik Siswa Zaman Sekarang
B. Menghindari Disorientasi Pembelajaran
C. Mereduksi Benturan Kecerdasan

BAB 3 Meneguhkan Paradigma Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia
A. Orientasi Mutu Pembelajaran
B. Pemutakhiran Kurikulum
C. Pengembangan Bahan Ajar
D. Pembelajaran Berpusat pada Siswa
F. Pengembangan Kreativitas dan Kemampuan Literasi

BAB 4 Menyelaraskan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Perguruan Tinggi dengan Perspektif Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
A. Komitmen pada Keunggulan
B. Pemutakhiran Kurikulum
C. Proporsi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Perspektif KKNI
D. Pengembangan Standar Minimal

BAB 5 Mengasah dan Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Melalui Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
A. Tantangan Pendidik Profesional
B. Bahan Ajar dan Pengembangannya
C. Kreativitas dan Inovasi Pengembangan

BAGIAN DUA
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penilaian Autentik

BAB 6 Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
A. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
B. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi HOTS
C. Peran Guru dalam Pembelajaran yang Berorientasi HOTS

BAB 7 Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Pendekatan Saintifik
A. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
B. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

BAB 8 Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Kebutuhan Siswa
A. Memantapkan Orientasi Pembelajaran
B. Pembelajaran Aktif dan Efektif

BAB 9 Penilaian Autentik untuk Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
A. Ujian Nasional dan Praktik Pembelajaran
B. Penilaian Autentik
C. Soal Ujian Nasional

BAB 10 Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
A. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa
B. Penilaian Berbasis Kelas
C. Penilaian Portofolio

BAGIAN TIGA
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Kurikulum 2013

BAB 11 Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
A. “Kebaruan” Kurikulum 2013
B. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
C. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
D. Peran Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum

BAB 12 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013
A. Kurikulum 2013 dan Pertaruhan Mutu Pendidikan
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013
C. Peran Guru Bahasa dan Sastra Indonesia
D. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Harkat Negeri 410 SAR p
012229
Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
410 SAR p
Penerbit
Bandung : Remaja Rosdakarya., 2019
Deskripsi Fisik
: 240 Halaman Ukuran: 16 x 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-446-395-3
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bahasa Indonesia
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

© 2025 — Senayan Developer Community & TIK Politeknik Harapan Bersama

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?