Text
Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Masyarakat Di Kantor Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal (TA)
Kantor Kecamatan Pangkah adalah salah satu kantor pemerintahan yang aktivitasnya memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk publik maupun jasa publik sebagai pemberian layanan keperluan masyarakat yang mempunyai kepentingan pada suatu instansi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Kecamatan Pangkah serta untuk mengetahui apakah bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Pangkah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data diperoleh dari 100 (seratus) responden yang diperoleh melalui teknik random sampling berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, analisis linear berganda serta untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa variabel bukti fisik, jaminan, empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat, maka Ho diterima Ha ditolak. Berdasarkan hasil uji f diketahui bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan masyarakat, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, Masyarakat.
Tidak tersedia versi lain